TKN: Perempuan Bisa Jadi Kontributor Nyata Pembangunan Bangsa

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 18 Desember 2023 | 17:57 WIB
Jubir TKN Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (SinPo.id/ Instagram)
Jubir TKN Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Juru bicara (Jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mengingatkan perempuan bukan hanya sebagai objek. Perempuan Indonesia berpotensi menjadi kontributor nyata pembangunan bangsa.

"Perempuan jangan dilihat sebagai objek, tetapi subyek dalam segala sektor," kata politisi yang karib disapa Sara dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, 18 Desember 2023.

Sara mengatakan perempuan mampu ditempatkan di berbagai sektor. Dia menilai hal yang sangat keliru jika perempuan hanya dijadikan sebagai objek.

"Maka, ketika ada yang memosisikan isu perempuan hanya di isu tertentu, seperti kesehatan dan kekerasan terhadap perempuan saja, atau bahwa perempuan diposisikan sebagai objek; maka menurut kami itu cara pandang yang keliru," tegasnya.

Menurut Sara, perempuan adalah kontributor nyata sebagai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terbanyak di Indonesia. Pada sektor ekonomi kreatif, perempuan hadir di berbagai lini, seperti busana, kuliner, sastra, dan film.

Sementara itu, di sektor ekonomi hijau, petani banyak diisi oleh kaum perempuan. Sedangkan, di ekonomi biru, perempuan juga banyak terlibat dalam budidaya ikan dan rumput laut.

"Kita bicara teknologi. Kita juga bicara peluang perempuan sebagai pekerja dan pemimpin di bidang tersebut. Kita bicara SDM (sumber daya manusia) di sains, teknologi, pendidikan, kesehatan; pasti bicara tentang perempuan juga di bidang-bidang tersebut," jelasnya.

Sara mengatakan TKN Prabowo-Gibran juga menilai keterwakilan perempuan harus ditingkatkan di berbagai sektor dan tidak terbatas hanya di politik.

"Perempuan harus berdaya secara ekonomi dan perlindungan harus dijamin untuk perempuan dan anak," ujarnya.sinpo

Komentar: