Tanggapi Hasil Survei Litbang Kompas, Jokowi: Untuk Evaluasi Pemerintah

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 13 Desember 2023 | 19:11 WIB
Presiden Jokowi. (SinPo.id/BPMI Setpres)
Presiden Jokowi. (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut hasil survei tentang kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah akan dijadikan sebagai bahan evaluasi.

"Ya itu semua untuk evaluasi pemerintah, untuk koreksi kalau ada hal yang kurang atau yang perlu diperbaiki,” kata Jokowi saat kunjungan kerjanya di Pekalongan, Jawa Tengah pada Rabu, 13 Desember 2023.

Jokowi menjelaskan, hasil survei diperoleh melalui pengambilan data lapangan secara umum, yang kemudian dapat dipakai angkanya sebagai bahan evaluasi pemerintah.

"Bahan untuk perbaikan-perbaikan dan memperbaiki yang kurang-kurang. Karena juga banyak yang masih harus diperbaiki," paparnya.

Sebagai informasi, Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, bahwa sebanyak 73,5 persen responden menyatakan puas, sedangkan 23,6 persen responden menyatakan tidak puas.

Hal itu berdampak terhadap menurunnya citra kepemimpinan Jokowi meskipun angkanya masih cukup tinggi sekitar 81,3 persen atau turun hingga 4 persen dari survei sebelumnya.

Disamping itu, kepuasan publik terhadap pemerintahan yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga masih tinggi. Berdasarkan survei tersebut, responden puas terhadap kinerja pemerintahan sebanyak 73,5 persen.sinpo

Komentar: