Kunjungi Jateng, Jokowi Singgung Harga Cabai Naik: Apa Sih Sulitnya Tanam?

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 13 Desember 2023 | 18:49 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (SinPo.id/BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung permasalahan harga cabai melonjak tinggi beberapa waktu terakhir. Bahkan pada beberapa wilayah menyentuh harga diatas Rp100 ribu per kilogram.

"Berkaitan dengan ini harganya juga naik, yaitu cabai, apa sulit sih nanam cabai? sulit? sulit karena hama atau karena bibit? untuk itu saya minta para PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) di wilayah memungkinkan untuk cabai rawit atau cabai di tanam dengan baik," kata Jokowi pada acara Penyuluh Pertanian dan Babinsa se-Jawa Tengah, di Pekalongan pada Rabu, 13 Desember 2023.

Jokowi meminta agar produksi cabai ditingkatkan, supaya bisa menurunkan harga yang tengah tinggi.

"Tolong ditingkatkan produksinya di lebarkan tanamannya sehingga jangan cabai rawit harga Rp100 ribu meski hari ini harga sudah di angka Rp80 ribu,” katanya.

Lebih lanjut, Jokowi juga berharap agar petani dapat meningkatkan produksi. Ia meminta jika ada keluhan untuk segera melapor ke PPL atau kepala daerah setempat.

"Nanti kalau masih ada keluhan-keluhan mengenai urusan pupuk, urusan bibit tolong disampaikan kepada PPL, atau kepada bupati, atau juga kepada gubernur dan atau juga kepada Menteri Pertanian," tandasnya.sinpo

Komentar: