Jokowi Ingin Beri SMKN 1 Kedungwuni Mobil Listrik

Laporan: Martahan Sohuturon
Rabu, 13 Desember 2023 | 17:59 WIB
Presiden Joko Widodo berbincang dengan siswa SMKN 1 Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah, pada Rabu, 13 Desember 2023. (SinPo.id/-Biro Pers Sekretariat Presiden RI)
Presiden Joko Widodo berbincang dengan siswa SMKN 1 Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah, pada Rabu, 13 Desember 2023. (SinPo.id/-Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan niatnya memberi bantuan mobil listrik guna mendukung pembelajaran siswa jurusan otomotif di SMKN 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

“Untuk yang jurusan otomotif nanti saya belikan mobil listrik ya. Saya kirim hari ini atau maksimal besok pagi sudah saya kirim,” kata Jokowi ketika mengunjungi SMKN 1 Kedungwuni, seperti dikutip keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden RI pada Rabu, 13 Desember 2023.

Ketika berdialog bersama para siswa usai peninjauan, Jokowi berpesan agar seluruh siswa dapat belajar dengan giat untuk masa depan yang baik.

“Anak-anak belajar semua ya, yang giat, agar masa depan anak-anak semuanya, masa depan yang baik,” ujar Jokowi.

Tiba di SMKN 1 Kedungwuni sekitar pukul 12.15 WIB, Jokowi langsung masuk ke sejumlah kelas, antara lain kelas jurusan teknik permesinan, teknik kendaraan ringan, hingga Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Jokowi kemudian berbincang dengan sejumlah siswa yang tengah melakukan praktik pembelajaran.

Muhammad Faid Hasan, siswa kelas 12 jurusan teknik kendaraan ringan, mengungkapkan tidak menyangka jika sekolahnya bisa dikunjungi oleh Presiden Jokowi.

Faid menyampaikan bahwa Jokowi mengapresiasi peralatan pendukung pembelajaran yang dimiliki oleh sekolah tersebut.

“(Responsnya) cukup baik, sangat baik malah, karena sekolah punya alat yang bagus,” kata Faid.

Kepala Kompetensi Jurusan Teknik Permesinan SMKN 1 Kedungwuni, Rino Sukarno, menuturkan bahwa Kepala Negara juga mendorong agar peralatan yang dimiliki sekolah untuk kegiatan pembelajaran dapat terus dikembangkan.

“Pak Presiden mengatakan bagus, bisa dikembangkan lagi,” ujar Rino.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke SMKN tersebut yakni Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.sinpo

Komentar: