Prabowo Subianto Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Hakim

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 12 Desember 2023 | 23:00 WIB
Prabowo Subianto di debat capres/azhar Sinpo.id
Prabowo Subianto di debat capres/azhar Sinpo.id

SinPo.id -  Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto berkomitmen menegakkan konstitusi di Tanah Air. Penegakan terhadap Undang-Undang (UU) harus dikedepankan demi Indonesia yang baik. Ini disampaikan Prabowo menanggapi pertanyaan panelis soal kehakiman yang harus independen. Menteri Pertahanan (Menhan) RI menegaskan bakal menyempurnakan hal-hal yang masih kurang dalam sikap independen hakim.

"Saya kira mengenai MK aturannya sudah jelas, tapi intinya kita tegakan konstitusi, kita tegakan UU, kita perbaiki yang kurang sempurna, dan kita patuh dan komitmen pada UU itu sendiri," kata Prabowo dalam debat capres-cawapres yang digelar KPU, di Kantor KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Prabowo mengaku sudah menyiapkan beberapa langkah untuk memperbaiki keindependenan hakim. Salah satunya, meningkatkan kualitas kehidupan para hakim di Indonesia.

"Saya akan memperbaiki kualitas hakim-hakim di republik Indonesia, semua pekerja di sekitar pengadilan, dan semua penegak hukum akan saya perbaiki kualitas hidupnya, gajinya diperbaiki supaya mereka tidak bisa diintervensi disogok," kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini menginginkan hakim yang independen dan kuat. Terpenting, independen atau bebas dari intervensi kekuasaan. 

"Kehakiman harus independen, kehakiman harus yudikatif, dan harus kuat, dan tidak boleh dintervensi oleh kekuasaan, saya sangat setuju itu, dan saya berkomitmen memperkuat itu manakala menerima mandat dari masyarakat," tegasnya.
sinpo

Komentar: