Jelang Depat Capres-Cawapres, Gedung KPU Dijaga Ketat

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 12 Desember 2023 | 18:20 WIB
Suasana di depan Kantor KPU RI jelang Debat Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023 malam hari ini. (SinPo.id/Anam)
Suasana di depan Kantor KPU RI jelang Debat Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023 malam hari ini. (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Polisi mulai melakukan sterilisasi area depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, jelang berlangsungsnya debat Pilpres 2024.

Sebagaimana diketahui, debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) perdana akan dilakukan hari ini, Selasa, 12 Desember 2023, pada pukul 19.00 WIB.

Pantauan wartawan di lokasi, pada pukul 16.30 WIB, jalan depan Gedung KPU menuju HI dan arah sebaliknya sudah ditutup menggunakan pagar besi. Aparat keamanan gabungan juga sudah berjaga dengan membuat dua lapis barisan.

Pihak kepolisian juga terlihat menyiagakan beberapa mobil untuk pengamanan seperti kendaraan taktis (rantis) Barracuda hingga mobil tahanan. 

Selain itu, puluhan aparat kepolisian bersenjata lengkap juga terlihat mengawal di setiap suduh jalan yang mengarah ke Gedung KPU. Beberapa di antaranya dilengkapi dengan senjata pelontar gas air mata.

Sementara itu, aparat kepolisian juga terlihat berjaga disejumlah sudut Gedung KPU RI dan sekitar area debat. Aparat kepolisian mengerahkan Detasemen K-9 atau anjing pelacak untuk menyisir lokasi debat capres-cawapres.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, bahwa sebanyak 1.120 personil gabungan dikerahkan untuk mengamankan jalannya acara debat capres-cawapres.

Pengamanan dilakukan didalam dan sekitar Kantor KPU RI, serta dibeberapa titik-titik lain yang masih dalam jangkauan pengamanan dari personil gabungan.

"Kami menggelar pengamanan baik itu dari bundaran HI kemudian ruas jalan Imam Bonjol ini sampai dengan taman suropati," kata Susatyo kepada wartawan.sinpo

Komentar: