Airlangga: Indonesia Miliki Ketahanan Ekonomi yang Kuat di Tengah Situasi Global

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 11 Desember 2023 | 20:54 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Ashar)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Indonesia memiliki modalitas yang besar untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045  dengan ketahanan ekonomi yang kuat di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian.

Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia telah kembali ke level pre-covid di kisaran 5 persen, selama delapan kuartal berturut dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Pemerintah juga sedang mendorong optimalisasi hilirisasi dengan didukung potensi sumber daya alam Indonesia yang melimpah seperti agriculture dan mineral, serta mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2023 tentang Devisa Hasil Ekspor dalam rangka menjalankan amanat UUD 1945 pasal 33 ayat (3).

“Jadi yang kekayaan alam bukan hanya barang yang kilo-kiloan, tapi nilai rupiahnya berapa. Itu yang harus dimafaatkan seluruhnya untuk kepentingan negara,” kata Airlangga, dalam kegiatan Ekon Goes to Campus, Senin 11 Desember 2023.

Bahkan terdapat beberapa capaian Pemerintah dalam menghadapi kondisi ketidakpastian global, seperti keberhasilan dalam penanganan Covid-19, serta kesuksesan dalam Presidensi G20 Indonesia dan Chairmanship ASEAN 2023.

“Tentunya kita dorong semua yang membuat Indonesia terus maju, lebih sejahtera. Dan merupakan kesempatan bagi generasi muda saat ini untuk tampil memimpin Indonesia 20 tahun kedepan,” tandasnya.sinpo

Komentar: