RS Polri Observasi Kejiwaan Ayah Pembunuh Empat Anak di Jagakarsa

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 10 Desember 2023 | 13:35 WIB
Lokasi TKP pembunuhan 4 anak di Jagakarsa (Sinpo.id/Kosta TV)
Lokasi TKP pembunuhan 4 anak di Jagakarsa (Sinpo.id/Kosta TV)

SinPo.id -  Kepala Rumah Sakit Polri Kramat Jati Brigjen Hariyanto menyatakan pihaknya tengah mengobservasi kejiwaan Panca Darmansyah (PD) selama 14 hari. Panca adalah ayah yang diduga membunuh empat anak kandungnya di rumah kontrakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel). 

"P menjalani observasi kejiwaan 14 hari, nanti diserahkan ke penyidik," ujar Hariyanto dalam keterangannya, Minggu, 10 Desember 2023.

Menurut dia, observasi kejiwaan ini untuk menentukan status kejiwaan orang yang berperkara. Akan tetapi, kata dia, pemeriksaan tidak seperti mengobati orang sakit jiwa yang tak memiliki implikasi hukum.

"Secara aturan dokter jiwa diberi kesempatan 14 hari untuk observasi dan menentukan status mentalnya," ungkap dia. 

Hariyanto berujar, hasil dari observasi itu bakal dituangkan sebagai produk visum psikiatrikum atau keterangan dokter spesialis kedokteran jiwa dalam bentuk surat sebagai hasil pemeriksaan kesehatan jiwa seseorang untuk kepentingan penegakan hukum. 

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi menyebut bahwa pihaknya bakal  melakukan tes kejiwaan Panca.

Dia menyebut, Panca yang diduga pelaku mengalami luka di tangan sehingga dirawat di RS Kramat Jati.

"Ya di rumah sakit itu rumah sakit ya kondisinya kan luka-luka di tangannya. Nanti akan kami dalami (kondisi kejiwaan P)," ujar Ade Ary kepada wartawan, Kamis, 7 Desember 2023.sinpo

Komentar: