DPR Apresiasi Pemberian Listrik Gratis untuk Masyarakat Jabar

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 10 Desember 2023 | 13:43 WIB
Eddy Soeparno (Sinpo.id/Galuh)
Eddy Soeparno (Sinpo.id/Galuh)

SinPo.id -  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) bersama PT PLN (Persero), telah selesai melaksanakan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 2023 kepada 24 ribu rumah tangga di Provinsi Jawa Barat.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno mengapresiasi kerja keras Pemerintah dan PLN dalam memberikan akses listrik gratis tersebut ke masyarakat. Menurutnya, program BPBL sangat penting, karena kehadiran negara bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Menurut saya, program ini penting sekali, karena program ini betul-betul menyentuh masyarakat. Ini membuka peradaban baru dan mencerahkan masyarakat," kata Eddy, dikutip Minggu 10 Desember 2023.

"Terasa sekali perubahannya, terasa sekali dampaknya, secara keberdayaan masyarakat juga merasa memiliki sebuah kekuatan yang lain," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu, menjelaskan adanya program BPBL ini merupakan wujud dari kehadiran negara memastikan seluruh masyarakat mendapatkan akses listrik.

Pasalnya, lima tahun lalu masih terdapat 2,5 juta masyarakat di Indonesia ini yang tidak mendapatkan akses listrik. Sehingga PLN berusaha memetakan dan mencari solusinya. Namun untuk menyambung listrik ke rumah warga, terutama di wilayah terpencil, membutuhkan anggaran yang besar.

"Untuk itu, lewat dukungan dari Komisi VII, kita bisa merealisasikannya. Ini sangat bermanfaat dan kami berharap tahun depan, program ini bisa terus dilanjutkan," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: