Tim Trauma Healing Polda Sumut Tangani Korban Longsor di Humbahas

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 08 Desember 2023 | 19:31 WIB
Tim Trauma Healing Polda Sumut (Sinpo.id/Div Humas Polri)
Tim Trauma Healing Polda Sumut (Sinpo.id/Div Humas Polri)

SinPo.id -  Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) memberikan dukungan psikososial (trauma healing) kepada para korban longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbahas. 

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, mengatakan sebanyak 24 personel terlatih sebagai konselor akan membantu memberikan penanganan trauma healing kepada masyarakat korban longsor.

"Masyarakat yang menerima program trauma healing itu diantaranya anak-anak, orang tua, lansia serta petugas," kata Hadi dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 8 Desember 2023.

Menurut Hadi, trauma healing itu bertujuan untuk membantu membangun dan memulihkan ketahanan psikologis para korban pasca bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Humbahas.

"Trauma healing yang diberikan dengan metode konseling invidual, kelompok, permainan ceria untuk anak-anak serta relaksasi," ungkap dia. 

"Selain itu memberikan pembekalan kepada para korban dengan dukungan psikologis berupa keterampilan mengatasi tekanan psikologis serta menyediakan koneksi ke layanan praktis lainnya," sambungnya. 

sinpo

Komentar: