Capres Dipersilakan ke IKN, PKB: Enggak Ada Orang, Mau Kampanye Apa?

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 08 Desember 2023 | 19:28 WIB
Cucun Ahmad Syamsurijal (Sinpo.id/DPR)
Cucun Ahmad Syamsurijal (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merespons ajakan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, agar capres mengunjungi lokasi tersebut. Partai besutan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu justru tak ada manfaat bagi capres untuk berkampanye ke IKN.

"Enggak ada orang kampanye ke IKN, kita kampanye ketemu bersosialisasi dengan calon pemilih, di sana mau kampanye apa?" kata Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal (Kang Cucun) kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 8 Desember 2023.

Menurut Cucun, Kepala Otorita bisa menggunakan pameran sebagai media jika ingin mempublikasikan infrastruktur IKN. Dengan begitu, kata dia, capres tidak perlu repot meninjau langsung proses pembangunan IKN.

"Kalimat kalau mau pameran bangunan atau infrastruktur silakan saja, enggak usah undang capres. Pamerkan saja seperti seorang developer menjual rumah, ikut pameran yang digelar di kota-kota besar seperti di mal-mal," katanya.

Ketua Fraksi PKB DPR RI itu mengamini bakal ada jadwal kunjungan kampanye pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ke Kalimantan Timur. Namun, jadwal tersebut difokuskan untuk bertemu dengan masyarakat dan relawan.

"Kalau ke Provinsi Kaltim-nya pasti ada jadwal kampanye. Di kota-kota yang sudah terjadwal ketemu para relawan dan konstituen partai pengusung," kata dia.

Sebelumnya, Bambang Susantono menegaskan IKN Nusantara terbuka untuk semua orang termasuk Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Menurutnya IKN adalah milik bersama dan bukan hanya Badan Otorita saja.

"Kita terbuka, monggo dilihat dan tadi pagi kan Pak Ganjar yang ke sana gitu ya. Tapi buat yang lain atau bahkan siapa pun lah, kan ini milik kita bersama gitu, bukan milik otorita saja," ujar Bambang.

Otorita IKN siap memfasilitasi pihak-pihak yang ingin ke IKN dengan mengikuti prosedur yang ada. Sebab, Bambang menyebut pembangunan di IKN sedang gencar-gencarnya dilakukan.

"Jadi bagi semua pihak yang ingin ke sana kami akan fasilitasi sesuai dengan prosedur ya. Kenapa? Karena memang ini kan sekarang sedang giat-giatnya di lapangan. Jadi kendaraan-kendaraan berat itu luar biasa banyaknya di lapangan. Jadi kami concern terhadap aspek safety," jelasnya.sinpo

Komentar: