Ganjar Ngaku Siapkan Dua Strategi Menghadapi Penambangan Liar di Sekitar IKN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 06 Desember 2023 | 19:38 WIB
Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (SinPo.id/Antara)
Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengeklaim sudah menyiapkan dua strategi dalam menghadapi aktivitas penambangan ilegal di sekitar lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pertama, edukasi terkait penambangan yang baik.

"Ya, ada dua hal, yang pertama good practice mining," kata Ganjar di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang disiarkan melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2023.

Ganjar mengatakan edukasi penambangan yang baik harus dilakukan dan dikontrol dari kementerian terkait. Termasuk, dinas dan pemerintah daerah (pemda).

Strategi kedua, kata Ganjar, menindak tegas para penambang liar. Tindakan tegas diperlukan untuk memberikan efek jera terhadap aktivitas ilegal tersebut.

"Dan yang kedua penegakan hukum. Itu memang masuk ke kita, ke kami gitu ya, untuk kita kemudian bisa bereskan," katanya.

Menurutnya, kedua strategi itu juga dilakukan demi menjaga kestabilan lingkungan atau alam di sekitar IKN.

"Ini untuk mendukung kegiatan IKN," tegas Ganjar.

Dalam kunjungannya ke Kraton Kutai Kartanegara, Ganjar disambut langsung Sultan Kutai Kartanegara Aji Muhammad Arifin dan para seniman. Ganjar mendapat kesempatan ikut serta menarik Kanjar Ganjur yang merupakan warisan dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.sinpo

Komentar: