Sri Wahyuni Ingatkan Keselamatan dan Kenyamanan Kunci Sukses Pelaksanaan Mudik Nataru

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 06 Desember 2023 | 16:10 WIB
Anggota Komisi V Sri Wahyuni. Istimewa.
Anggota Komisi V Sri Wahyuni. Istimewa.

SinPo.id - Anggota Komisi V Sri Wahyuni meminta pemerintah mempersiapkan kesiapan mudik natal dan tahun baru (nataru) 2023-2024 dengan matang. Keselamatan dan kenyamanan masyarakat selama perjalanan menjadi penentu suksesnya pelaksanaan mudik nataru.

"Kami di Komisi V berharap para pemangku kepentingan bersama-sama mempersiapkan pelaksanaan mudik nataru sebaik-baiknya," kata Sri kepada SinPo.id, Jakarta, Rabu, 5 Desember 2023.

Politikus Partai NasDem ini mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemerintah guna menyiapkan mudik nataru tersebut. Salah satunya, penyediaan fasilitas umum (fasum) memadai bagi para pemudik.

Dia mendorong penyediaan infrastruktur baik pada sektor pelayanan kesehatan, telekomunikasi, hingga langkah-langkah keamanan harus ditingkatkan.

"Fasum harus diperbanyak, ini penting demi memperlancar dan membantu perjalanan para pemudik," katanya.

Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) VII itu juga meminta pemerintah untuk benar-benar memperhatikan kenaikan harga tiket transportasi umum.

"Harga tiket kami minta benar-benar diperhatikan, jangan sampai kenaikan harga tiket transportasi justru memberatkan masyarakat, ini yang harus jadi catatan jangan mahal," katanya.

Tak hanya itu, Sri berharap keberangkatan transportasi publik baik darat, laut maupun udara berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dia mengajak perusahaan transportasi publik benar-benar mengedepankan kepentingan masyarakat.

"Waktu perjalanan pemudik harus benar-benar diperhatikan, enggak boleh ada delay-delay. Kepentingan pemudik harus diutamakan," katanya.

Tak kalah penting, kata Sri, peningkatan fasum di sekitar lokasi pariwisata juga mesti ditingkatkan. Dia ingin masyarakat benar-benar berasa nyaman saat merayakan nataru di destinasi-destinasi wisata.

"Destinasi harus dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, semisal parkir, toilet, dan tempat istirahat. Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses tempat-tempat tersebut dengan nyaman," tuturnya.sinpo

Komentar: