Bahas Upaya Penanganan Banjir, Pemprov DKI Jajaki Kerja Sama dengan Walikota Melbourne

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 04 Desember 2023 | 18:46 WIB
Pj Gubernur DKI Heru Budi bahas kerjasama penanganan banjir dengan Walikota Melbourne (SinPo.id/ Dok. Pemprov DKI)
Pj Gubernur DKI Heru Budi bahas kerjasama penanganan banjir dengan Walikota Melbourne (SinPo.id/ Dok. Pemprov DKI)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan pertemuan bilateral dengan Walikota Melbourne Sally Capp di sela-sela agenda Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim - COP 28 di Dubai, Persatuan Emirat Arab (UEA).

Heru mengatakan, pertemuan ini adalah langkah strategis untuk memperdalam hubungan antara Jakarta dan Melbourne. Selain itu keduanya juga berdiskusi dan menjajaki rencana kerjasama mengenai penanganan banjir hingga perubahan iklim.

"Dari diskusi pertemuan tersebut ditemukan fakta bahwa Melbourne dan Jakarta menghadapi tantangan yang serupa, seperti banjir, kenaikan permukaan air laut dan perubahan iklim," kata Heru dalam keterangannya, Senin, 4 Desember 2023.

Heru menjelaskan, kedua pihak menyampaikan berbagai upaya yang dilakukan dalam menghadapi tantangan seperti pembangunan urban berkelanjutan, aksi mitigasi bencana dan dampak perubahan iklim. Selain itu, sambungnya, Jakarta dapat belajar dari pengalaman Melbourne terkait penggunaan energi terbarukan.

“Operasional Kantor Walikota Melbourne telah seratus persen menggunakan energi terbarukan, terkait hal ini Jakarta dapat belajar dari Melbourne," ujarnya.

Sementara pemerintah Indonesia, lanjut Heru, masih dalam proses menyusun langkah-langkah konkret bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, baik oleh pemerintah, badan usaha dan masyarakat.

"Beberapa waktu lalu, Indonesia telah meresmikan Pasar Karbon dan Nilai Ekonomi Karbon di tingkat Nasional," paparnya.sinpo

Komentar: