Kapal Perang dan Komersial AS Diserang di Laut Merah

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 04 Desember 2023 | 10:15 WIB
Kapal perang dan kapal komersial milik Amerika Serikat (AS) dikabarkan diserang di Laut Merah pada Minggu 3 Desember 2023. (SinPo.id/AP)
Kapal perang dan kapal komersial milik Amerika Serikat (AS) dikabarkan diserang di Laut Merah pada Minggu 3 Desember 2023. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Pentagon mengatakan, kapal perang dan kapal komersial milik Amerika Serikat (AS) diserang di Laut Merah pada Minggu 3 Desember 2023. Serangan tersebut memicu kekhawatiran akan meluasnya perang antara Israel dan Palestina.

Bahkan serangan itu juga berisiko mengobarkan ketakutan bahwa perang Israel-Hamas dapat meluas menjadi konflik yang akan melibatkan AS dan negara-negara lain di Timur Tengah, seperti Iran. 

Sementara di hari yang sama, kelompok Houthi Yaman mengklaim bahwa pihaknya telah menyerang dua kapal Israel di Laut Merah dengan menggunakan drone dan rudal angkatan laut. Namun juru bicara militer Israel Daniel Hagari, mengatakan dua kapal tersebut bukan milik Israel.

"Hari ini rudal ditembakkan ke dua kapal komersial yang tidak ada kaitannya dengan negara Israel. Saya ulangi agar jelas, tanpa ada kaitannya dengan negara Israel," kata Hagari, dilansir dari Reuters, Senin 4 Desember 2023.

“Satu kapal rusak parah dan dalam keadaan darurat dan tampaknya terancam tenggelam dan satu kapal lagi rusak ringan," imbuhnya.sinpo

Komentar: