Persija Jamu Persita di GBK, 2.627 Personel Kepolisian Disiagakan

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 03 Desember 2023 | 16:17 WIB
Poster Persija vs Persita (Istimewa)
Poster Persija vs Persita (Istimewa)

SinPo.id - Polisi mengerahkan sebanyak 2.627 personel untuk menjaga pengamanan pertandingan pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2023/2024 antara Persija Jakarta vs Persita Tanggerang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, pada Minggu pukul 19.00 WIB.

"Personel pengamanan yang diterjunkan 2.627 personel dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Satpol PP, Dishub dan pemadam kebakaran," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi, Minggu, 3 Desember 2023.

Susatyo mengatakan, pengamanan tersebut terbagi menjadi tiga zona, yakni di area luar stadion, area "ring road", dan area di dalam stadion. 

"Kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan pertandingan sepak bola tersebut agar melaksanakan tugas secara persuasif, humanis dan profesional," tuturnya. 

Lebih jauh, dia menyebut, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK untuk mengantisipasi adanya kemacetan. Namun rekayasa lalu lintas tersebut bersifat situasional.

"Kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas yang sifatnya situasional di lapangan," kata Susatyo. 

Susatyo menambahkan, agar kepada para pendukung atau suporter yang menonton pertandingan itu untuk mematuhi aturan yang berlaku. 

"Penonton atau pendukung tidak boleh membawa barang-barang terlarang ke dalam stadion seperti senjata tajam, minuman keras (miras), narkoba dan lain sebagainya," kata dia. sinpo

Komentar: