Serangan di Prancis, Wisatawan Tewas Ditikam Pisau

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 03 Desember 2023 | 15:05 WIB
Lokasi penyerangan di  Quai de Grenelle (SinPo.id/ Reuters)
Lokasi penyerangan di Quai de Grenelle (SinPo.id/ Reuters)

SinPo.id - Seorang pria dan dua orang lainnya terluka dalam serangan yang terjadi di sekitar Quai de Grenelle, yang terletak sekitar 15 menit dari Menara Eiffel di ibu kota Prancis. Korban tewas diketahui merupakan wisatawan asal Jerman.

Menteri Dalam Negeri Prancis, Gerald Darmanin, mengatakan serangan itu terjadi sekitar pukul 19.00 GMT, ketika seorang pria tak dikenal menyerang korban dengan pisau. Pelaku kemudian dikejar polisi dan menyerang dua orang lainnya dengan palu sebelum akhirnya ditangkap.

"Pasti akan ada orang lain yang tewas jika mereka (polisi) tidak merespons dengan cepat," kata Darmanin memuji respons cepat dari pihak kepolisian. Dilansir dari Sky News, Minggu 3 Desember 2023.

Menurut keterangan, pelaku yang berusia 25 tahun tersebut saat ini telah ditahan. Pelaku merupakan warga negara Prancis yang juga pernah dipenjara pada tahun 2020. Saat ini pelaku berada di bawah pengawasan, serta menjalani perawatan psikiatris.

Seperti diketahui, serangan tersebut terjadi kurang dari delapan bulan sebelum Paris menjadi tuan rumah Olimpiade. Sehingga peridtiwa itu dapat menimbulkan pertanyaan tentang keamanan di acara olahraga global.

Bahkan Prancis juga berada dalam kewaspadaan teror sejak kasus penikaman fatal pada bulan Oktober lalu terhadap seorang guru di kota utara Arras, dimana pelakunya adalah seorang mantan siswa yang berasal dari wilayah Ingushetia di Pegunungan Kaukasus Rusia.sinpo

Komentar: