BSSN Serahkan Laporan Investigasi Kebocoran Data ke Bareskrim dan KPU

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 02 Desember 2023 | 20:49 WIB
Jubir BSSN, Ariandi Putra (Sinpo.id/BSSN)
Jubir BSSN, Ariandi Putra (Sinpo.id/BSSN)

SinPo.id -  Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyerahkan laporan hasil investigasi dan forensik digital terkait kebocoran data KPU kepada Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Sabtu, 2 Desember 2023.

"BSSN telah menyerahkan laporan hasil investigasi dan forensik digital tahap awal kepada Dittipidsiber Polri dan KPU,” ujar Jubir BSSN Ariandi Putra dalam keterangannya, Sabtu, 2 Desember 2023.

Menurut dia, hasil investigasi yang diserahkan oleh BSSN tersebut adalah laporan awal terkait dengan dugaan kebocoran data yang ada di KPU RI. Dia menyebut, laporan itu merupakan hasil analisis dan forensik digital dari aplikasi dan server untuk mengetahui root cause dari dugaan insiden yang terjadi.

"Laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Polri dari sisi penegakan hukum dan KPU sebagai penyelenggara sistem elektronik sesuai dengan kewenangannya masing-masing,” ungkap dia.

Lebih jauh, Afrandi mengungkapkan, BSSN akan melakukan sinergi dan kolaborasi bersama KPU dan Dittipidsiber Bareskrim Polri dalam rangka pengamanan siber Pemilu 2024.

Diketahui, Bareskrim Polri mendalami kasus dugaan kebocoran data Daftar Pemilih Tetap (DPT) di situs web Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid Bachtiar menyebut bahwa dugaan kebocoran data KPU tersebut merupakan hasil dari patroli siber. 

"Dugaan kebocoran data KPU kami temukan dari hasil patroli siber yang dilakukan oleh anggota kami," kata Vivid saat dikonfirmasi, Rabu, 29 November 2023.sinpo

Komentar: