DPR Desak Pemerintah Segera Salurkan Santunan Bagi Keluarga Korban GGAPA

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 30 November 2023 | 20:11 WIB
Ilustrasi gagal ginjal (SinPo.id/ Freepik)
Ilustrasi gagal ginjal (SinPo.id/ Freepik)

SinPo.id - Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher, mendesak pemerintah untuk segera menyalurkan dana santunan korban Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) kepada keluarga korban.

Pasalnya, berdasarkan laporan dari Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) seratusan anak kasus GGAPA masih dalam proses pemulihan. Terlebih terdapat satu kasus dimana seorang anak mengalami kebutaan.

"Pemerintah mau menunggu apalagi? Kenapa proses penyalurannya lambat dan bertele-tele, padahal biaya pemulihan yang dikeluarkan pasien jalan terus," kata Netty dalam keterangan tertulisnya, Kamis 30 November 2023.

Menurutnya, anak dengan kasus GGAPA dapat mengalami gangguan dan kendala pertumbuhan. Seperti pertumbuhan badannya yang tidak normal, tidak bisa berbicara, duduk, hingga harus menjalani fisioterapi.

"Siapa yang bakal menanggung biaya pemulihan tersebut kalau antar kementerian sampai saat ini masih saling tunjuk siapa yang harus betanggungjawab mengeluarkan dana santunan. Jangan sampai proses yang bertele-tele ini semakin memberatkan para korban GGAPA," tegasnya.

Oleh karena itu, Netty meminta negara untuk mempermudah korban mendapatkan pengobatan agar dapat kembali pulih. Kemudian negara juga harus menjamin masa depan anak-anak yang rusak dan cacat akibat kelalaian pengawasan obat di lapangan.sinpo

Komentar: