Pesan Jokowi ke Ketua KPK Nawawi Pomolango: Hati-hati

Laporan: david
Senin, 27 November 2023 | 13:15 WIB
Nawawi Pomolango dilantik menjadi Ketua KPK (SinPo.id/ Setpres)
Nawawi Pomolango dilantik menjadi Ketua KPK (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Nawawi Pomolango sebagai Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Negara, Jakarta, Senin  27 November 2023.

Seusai dilantik, Nawawi mengungkap pesan yang disampaikan Presiden Jokowi. Dikatakan, Jokowi berpesan kepadanya untuk berhati-hati dalam melaksanakan tugas sebagai ketua KPK. 

"Beliau tadi cukup dengan mimik ini saja kami membaca, tetapi satu ucapan 'hati-hati dalam melaksanakan tugas, mengemban tugas'," kata Nawawi di Istana Negara. 

Nawawi menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara sebagai ketua KPK karena menjadi tersangka oleh Polda Metro Kaya atas kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Dia mengaku terdapat tugas berat yang diembannya bersama pimpinan KPK lainnya. Salah satunya mengembalikan muruah dan kepercayaan masyarakat kepada lembaga antikorupsi. 

"Satu hal yang paling menjadi beban di kita adalah tergerusnya rasa kepercayaan masyarakat. Itu yang menjadi modal lembaga ini selama ini dan itu yang tergerus. Itu yang menjadi pekerjaan berat," kata Nawawi.

Nawawi dilantik berdasarkan Keputusan Bersama (Keppres) Nomor 116/P Tahun 2023 Tentang Pemberhentian Sementara Ketua Merangkap Anggota KPK Masa Jabatan (2019-2024) dan Pengangkatan Ketua KPK Sementara Masa Jabatan 2019-2024.

Nawawi resmi nenggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara dari jabatan Ketua KPK berdasarkan Keppres yang diteken sama. Nawawi sebelumnya merupakan Wakil Ketua KPK periode 2019-2024.sinpo

Komentar: