Indonesia akan Perkuat Hubungan Bilateral dengan Australia

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 24 November 2023 | 17:11 WIB
Wamenlu Pahala Nugraha saat bertemu dengan Menteri Industri dan Sains Australia, Ed Husic (SinPo.id/ Dok. Kemlu)
Wamenlu Pahala Nugraha saat bertemu dengan Menteri Industri dan Sains Australia, Ed Husic (SinPo.id/ Dok. Kemlu)

SinPo.id - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI, Pahala Nugraha, mengatakan Indonesia telah mendorong tindak lanjut penguatan hubungan bilateral Indonesia dan Australia, di antaranya melalui kerja sama sektor mineral kritis dan baterai kendaraan listrik, serta riset dan pengembangan sektor transisi energi.

Adapun perkembangan rencana kerja sama dalam bidang mineral kritis, di antaranya yakni komunikasi intensif antara pengusaha Indonesia dan Australia di Northern Territory.

“Saya mengundang pengusaha Australia untuk datang dan bangun kerja sama dengan pengusaha Indonesia, baik BUMN maupun sektor swasta," kata Wamenlu saat bertemu dengan Menteri Industri dan Sains Australia, Ed Husic, di Jakarta, dikutip Jumat 24 November 2023.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya riset dan pengembangan dalam penguatan upaya transisi energi, termasuk di antaranya pengembangan bioethanol sebagai bahan bakar alternatif. Sehingga ia berharap Indonesia dan Australia dapat berkolaborasi dalam bidang riset dan pengembangan pemanfaatan tebu sebagai bahan dasar bioethanol.

Lebih lanjut, Wamenlu juga menyambut baik rencana penandatanganan Memorandum Saling Pengertian tentang “Pembentukan Mekanisme Bilateral untuk Memajukan Kolaborasi Kendaraan Listrik antara Indonesia dan Australia".sinpo

Komentar: