Firli Tersangka, Lemkapi: Bukti Penegakan Hukum Era Jokowi Berjalan Baik

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 24 November 2023 | 13:32 WIB
Edi Hasibuan (Sinpo.id/Lensakini)
Edi Hasibuan (Sinpo.id/Lensakini)

SinPo.id - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyebut bahwa penetapan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya merupakan bukti penegakan hukum dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan baik.

"Kami melihat selama pemerintahan Presiden Jokowi, secara umum penegakan hukum sangat baik. Siapa saja yang melanggar hukum, diproses secara hukum tanpa tebang pilih, termasuk Ketua KPK," ujar Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan dalam keterangannya dikutip Jumat, 24 November 2023.

Edi berujar, tudingan yang dialamatkan kepada pemerintahan Jokowi dengan menyebutkan bahwa penegakan hukum tidak berjalan baik, merupakan hal yang tidak masuk akal.

"Kami melihat dalam pemerintahan Jokowi justru ketegasan aparat kepolisian, kejaksaan dan KPK dalam penegakan hukum sangat dirasakan," tuturnya.

Dia menilai Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam memimpin institusi Polri kerap diapresiasi masyarakat lantaran penegakan hukum berjalan dengan baik.

Menurut Edi, berbagai kasus besar termasuk melibatkan jenderal yang melanggar hukum diproses secara hukum dan tanpa pilih kasih sehingga banyak diapresiasi masyarakat.

"Kasus-kasus besar yang banyak ditangani Polri melibatkan jenderal polisi antara lain kasus pembunuhan oleh Ferdy Sambo, kasus narkoba oleh Teddy Minahasa dan kasus suap oleh Napoleon Bonaparte dan lainnya," ungkap Edi.

 sinpo

Komentar: