Jokowi Kembali Tiba di Indonesia Usai Hadiri Dua KTT

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 November 2023 | 12:33 WIB
Presiden Joko Widodo tiba di Indonesia (Sinpo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo tiba di Indonesia (Sinpo.id/Setkab)

SinPo.id -  LPresiden Joko Widodo (Jokowi) kembali tiba di Indonesia pada Minggu dini hari 19 November 2023, sekitar pukul 03.10 WIB, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, usai menghadiri dua acara besar yang digelar di dua negara.

Setibanya di bandara, Jokowi disambut oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar.

Sebelumnya, Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi, pada Sabtu 11 November 2023. Dalam KTT tersebut, ia mendorong OKI untuk bersatu dan berada di garda depan dalam menyelesaikan krisis di Gaza, Palestina.

Kemudian Jokowi melakukan pertemuan terbatas dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi meminta Biden untuk menyerukan gencatan senjata dalam konflik Israel-Palestina.

“Saya sangat berharap AS dapat tunjukan kepemimpinannya dan berada di garis depan untuk membela keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, bagi perdamaian dan kemerdekaan Palestina berdasarkan, two state solution," kata Jokowi kepada Biden.

Hal serupa juga disampaikan oleh Presiden Jokowi kepada para pemimpin ekonomi dalam KTT APEC di San Francisco, Amerika Serikat, pada Jumat 17 November 2023.

Dalam KTT APEC, Presiden mendesak para pemimpin APEC untuk menghentikan perang, menyegerakan gencatan senjata, dan memastikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Gaza dapat dikirimkan tanpa hambatan.sinpo

Komentar: