Ma'ruf Amin Harap Partisipasi Masyarakat di Pemilu 2024 Tak Merosot

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 15 November 2023 | 20:16 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (tengah). (SinPo.id/Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (tengah). (SinPo.id/Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyoroti partisipasi masyarakat dalam mempergunakan hak pilihnya di pemilihan umum (Pemilu) 2024. Ia berharap tingkat partisipasi masyarakat meningkat dibandingkan pada Pemilu 2019 lalu.

Pada Pemilu 2019, persentase masyarakat pemegang hak pilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 81,93 persen.

“Target pemilih naik berapa persen? Saya kira belum ada hitung-hitungannya, yang diharapkan itu justru melebihi partisipasi di tahun 2019, jangan sampai justru menurun. Kalau menurun ini berati ada ketidakpercayaan masyarakat,” kata Ma'ruf Amin dalam keterangannya yang diterima, Rabu, 15 November 2023.

Ma'ruf Amin mengungkapkan, untuk mengawal terjaganya amanah dalam memilih pemimpin bangsa, diperlukan partisiapsi masyarakat secara antusias. 

Menurutnya, hal ini agar hasil dari proses pesta demokrasi lima tahunan yang diperoleh dapat mewakili suara bangsa Indonesia.

“Kalau soal partisipasi ya, kita harapkan ada peningkatan, dalam arti positif ya. Kesadaran untuk ikut berpartisipasi supaya hasil Pemilu itu lebih legitimate (sah/valid), sehingga (perlu) diikuti oleh jumlah yang besar,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyebut, keterlibatan lebih banyak pemilih juga akan meningkatkan pengakuan masyarakat terhadap hasil pemilu.

Selain itu, Ma'ruf Amin pun berharap pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan jujur, adil, bebas, dan rahasia.

“Sebab, itu akan memberikan pengaruh terhadap pengakuan dengan segala pelaksanaannya yang kita harapkan berjalan dengan jujur, adil, bebas dan rahasia. Ini prinsip-prinsip agar berjalan dengan baik,” tandasnya.sinpo

Komentar: