Bertemu Presiden Palestina, Jokowi Sampaikan Dukungan untuk Hentikan Kekejaman Israel

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 12 November 2023 | 18:58 WIB
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas (SinPo.id/ Setkab)
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan komitmennya untuk mendukung Palestina secara optimal dan konkret.

"Kekerasan harus segera dihentikan. Pemindahan paksa warga sipil harus diakhiri. Bantuan kemanusiaan harus segera diberikan," kata Jokowi yang juga mengecam kekejaman Israel terhadap bangsa Palestina, Minggu 12 November 2023.

Selain itu, ia juga menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi kemanusiaan yang semakin memburuk di Gaza akibat serangan Israel yang terus berlanjut, dan mengecam intimidasi yang terus terjadi terhadap warga sipil Palestina di Tepi Barat. Menurut Jokowi, tindakan keji tersebut adalah pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan.

Kemudian menanggapi krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza, Jokowi menyatakan bersedia untuk mengirimkan lebih banyak bantuan kemanusiaan, khususnya kepada penduduk Gaza yang terkepung, akibat blokade Israel.

Sementara itu, Presiden Abbas menyampaikan apresiasi tinggi atas konsistensi Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina dalam menghadapi tantangan kemanusiaan. Ia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan kemanusiaan yang telah dikirimkan oleh Indonesia untuk warga Palestina di Gaza.

"Indonesia adalah salah satu negara yang terus memberikan dukungan konsisten bagi perjuangan bangsa Palestina, dan kami sangat menghargai itu," kata Abbas dalam pertemuan tersebut.sinpo

Komentar: