Digelar Secara Terbuka, KPU Undi Nomor Urut Capres-Cawapres 14 November 2023

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 12 November 2023 | 15:58 WIB
Gedung KPU (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Gedung KPU (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melakukan pengundian nomor urut pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Selasa, 14 November 2023.

Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik mengatakan dalam pengundian nomor urut tersebut pihaknya akan mengundang pasangan capres-cawapres beserta partai politik pengusung.

"Di pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres (yang diundang) tidak hanya parpol. Kami juga mengundang penyelenggara pemilu, Bawaslu, DKPP dan stakeholder lain," kata Idham dalam keterangannya, dikutip Minggu, 12 November 2023.

Idham menegaskan, KPU akan menggelar pengundian nomor urut capres-cawapres secara terbuka. Selain itu, pengundian juga bakal disiarkan langsung melalui akun YouTube KPU RI.

"KPU akan melakukan live streaming proses pengundian nomor urut bacapres tersebut," ujarnya.

Sementara itu, sehari sebelum pengundian nomor urut, KPU akan melakukan rapat penetapan daftar calon tetap (DCT) capres-cawapres. Penetapan DCT digelar pada Senin, 13 November 2023 besok.

"Penetapan pasangan capres-cawapres itu berdasarkan pasal 276 ayat 1, UU Nomor 7 Tahun 2023 pasangan capres dan cawapres ditetapkan 15 hari sebelum kampanye dimulai," tandasnya.

Seperti diketahui, saat ini terdapat tiga pasangan capres dan cawapres yang telah mendaftarkan diri ke KPU untuk Pilpres 2024. Semuanya capres dan cawapres juga telah memenuhi syarat.

Mereka yakni pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.sinpo

Komentar: