Survei Indo Barometer: Prabowo-Gibran Potensi Menang Satu Putaran, Raih 34,2 %

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 11 November 2023 | 18:48 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berpotensi akan memenangkan pilpres satu putaran.

Hal itu diungkap oleh Lembaga Surve Indo Barometer bertajuk ‘‘Menuju Potensi Pilpres Satu Putaran’ yang dirilis oleh Christoper Nugroho Peneliti Indo Barometer, Sabtu, 11 November 2023.

“Dari simulasi 3 pasangan Capres - Cawapres, pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka unggul dengan tingkat keterpilihan 34.2%, disusul pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD 26.2%, dan pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar 18.3%.” ungkap Christoper.

Ia menjelaskan potensi Prabowo-Gibran menang satu putaran ini  dikarenakan sejumlah faktor dan alasan.

“Pertama, Prabowo Subianto paling dikenal dan disukai. Kedua, evaluasi kepribadian dan kemampuan didominasi oleh Prabowo. Ketiga, alasan paling dominan memilih presiden saat ini adalah tegas dan berani.” jelas Christoper

Bahkan, Prabowo juga unggul dalam hal tingkat pengenalan popularitas dan tingkat kesukaan para capres. Prabowo juga lebih dominan dalam penilaian aspek kepribadian yang penting bagi pemilih dan dalam penilaian aspek kemampuan.

Pelaksanaan Survei Indo Barometer dilakukan pada 25 Oktober hingga 31 Oktober 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 1.230 responden.

Metode penarikan sampel yang digunakan melalui Multistage Random Sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuisioner.

Adapun, Margin of Error sebesar kurang lebih 2,79 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.sinpo

Komentar: