Poltracking: Duet Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran Jika Elektabilitas Tembus 45 Persen

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 11 November 2023 | 09:35 WIB
Bakal calon presiden (capres-cawares) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (SinPo.id/Antara)
Bakal calon presiden (capres-cawares) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Poltracking Indonesia menyatakan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bisa memenangkan Pilpres 2024 langsung satu putaran jika elektabilitasnya mencapai 45 persen.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyebut elektabilitas Prabowo-Gibran sudah mencapai 40,2 persen saat ini, dan elektabilitas dua paslon capres-cawapres lainnya stagnan.

"Jika tren kenaikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terus berlanjut hingga menembus 45 persen, sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengalami penurunan dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar stagnan, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpotensi menang satu putaran," kata Hanta dalam paparan surveinya pada Jumat, 10 November 2023.

Survei ini menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran di tempat teratas sebesar 40,2 persen. Sementara, Ganjar-Mahfud berada di urutan kedua dengan 30,1 persen dan Anies-Muhaimin 24,4 persen. Responden yang tak menjawab 5,3 persen.

Dia mengatakan terbuka kemungkinan Pilpres 2024 digelar dua putaran. Jika ini terjadi, pasangan Prabowo-Gibran akan melaju ke putaran kedua dan berhadapan dengan pasangan Ganjar-Mahfud.

"Kondisi ini bisa terjadi jika tren Ganjar Pranowo - Mahfud MD mengalami rebound," kata dia.

Sementara kemungkinan lain, Prabowo-Gibran tetap masuk ke putaran kedua berhadapan dengan Anies-Muhaimin. Anies-Muhaimin bisa masuk ke putaran kedua jika pasangan Ganjar-Mahfud alami tren penurunan elektabilitas.

"Tapi kenaikan Anies Baswedan - Muhaimin harus terus berlanjut," kata dia.sinpo

Komentar: