Warga Australia Gelar Aksi Pro-Palestina Setiap Akhir Pekan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 09 November 2023 | 11:50 WIB
Aksi Pro-Palestina di Sydney, Australia (Sinpo.id/Reuters)
Aksi Pro-Palestina di Sydney, Australia (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Masyarakat Australia menggelar aksi unjuk rasa anti-perang untuk membela Palestina hingga lima kali setiap akhir pekan berturut-turut.

Aksi yang digelar di Hyde Park, Sydney, Australia, tersebut dipimpin oleh seorang wanita asal Palestina, Assala Sayara.

“Ini nyanyian favoritku. Ikuti. Gaza, Gaza, don’t you cry, Palestine will never die!” kata Sayara melalui mikrofon. Dilansir dari The Guardian, Kamis 9 November 2023.

Ia telah memimpin nyanyian pada demonstrasi pro-Palestina di Sydney selama lima akhir pekan, dan menyanyikan lagu-lagu populer yang telah menjadi bagian penting dari aksi protes tersebut.

Adapun aksi unjuk rasa tersebut telah menjadi pusat gerakan pro-Palestina, yang berkembang dari minggu ke minggu di seluruh kota-kota besar di Australia. 

Aksi itu dimulai sebagai respons terhadap deklarasi perang Israel terhadap Gaza, setelah Hamas melakukan serangan 7 Oktober 2023 lalu.

Pihak penyelenggara melaporkan sekitar 100 ribu orang menghadiri unjuk rasa di Melbourne, 50 ribu orang di Sydney meskipun hujan, dan lebih dari 6 ribu orang di Brisbane.

Demonstrasi tersebut merupakan demonstrasi anti-perang terbesar dan paling konsisten di Australia sejak perang Irak.sinpo

Komentar: