Pengguna Jasa Kapal Penyebrangan Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 08 November 2023 | 15:54 WIB
Kapal penyeberangan (Sinpo.id/ASDP)
Kapal penyeberangan (Sinpo.id/ASDP)

SinPo.id -  Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, mengimbau para pengguna jasa kapal penyeberangan agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem di sejumlah titik wilayah jelang akhir tahun.

Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa kemungkinan akan terjadi cuaca cukup ekstrem saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan, yakni pada periode Oktober-Desember 2023. Sedangkan puncaknya akan terjadi pada Januari-Februari 2024.

"Tentunya aspek keamanan dan keselamatan seluruh pengguna jasa termasuk petugas ASFP dan seluruh stakeholder penyeberangan yang menghadirkan pelayanan prima baik di kapal maupun pelabuhan, menjadi fokus dan prioritas utama kami," kata Shelvy, Rabu 8 November 2023.

Meski demikian, ia mengatakan ASDP telah mempersiapkan sejumlah langkah antisipasi dalam setiap pelayanan penyeberangan kapal ferry ASDP yang beroperasi pada 34 pelabuhan di seluruh Indonesia.

"Manajemen, tentunya, juga memastikan langkah antisipatif yang mencakup koordinasi dengan stakeholder terkait seperti BMKG, aparat kepolisian/TNI, dan otoritas pelabuhan sebelum kapal ferry melakukan pelayaran untuk mencegah hal yang tidak diinginkan," terangnya.

"Kami juga memastikan kelengkapan alat-alat keselamatan sesuai dengan SOP pelayanan yang berhubungan dengan aspek keselamatan, diantaranya sekoci, inflatable liferaft (rakit penolong), APAR dan hidran, serta life jacket yang tersedia di kapal dan dalam kondisi baik, serta siap digunakan saat situasi darurat," lanjut Shelvy.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk tidak mengabaikan aturan regulator terkait keselamatan dan tetap cermat dalam penetapan layanan prima kepada pengguna jasa.

Namun kerjasama pengguna jasa juga dibutuhkan agar setiap jadwal penyeberangan dapat terlaksana dengan baik.sinpo

Komentar: