Tangani 880 Laporan, Satgas TPPO Polri Ringkus 1.060 Tersangka

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 08 November 2023 | 11:52 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (SinPo.id/ Humas Polri)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (Satgas TPPO) Polri dan Polda jajaran telah menangkap 1.060 tersangka dari 880 laporan polisi kejahatan perdagangan orang ini. Jumlah tersebut merupakan akumulasi sejak 5 Juni sampai 6 November 2023.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, pihaknya juga berhasil menyelamatkan 2.822 orang korban TPPO.

"Jumlah tersangka pada kasus TPPO sebanyak 1.060 orang dari 880 laporan polisi dan sebanyak 2.822 korban berhasil diselamatkan Polri," ujar Ramadhan dalam keterangan resminya dikutip Rabu, 8 November 2023.

Adapun modus para tersangka, kata dia, diantaranya diiming-imingi menjadi Pekerja Migran atau Pembantu Rumah Tangga (PRT) sebanyak 549 kasus, ABK sebanyak 7 kasus, PSK sebanyak 290 kasus dan Eksploitasi Anak sebanyak 72 kasus. 

Ramadhan menegaskan bahwa penindakan TPPO menjadi prioritas utama Polri dalam melindungi masyarakat dari ancaman kejahatan perdagangan orang. 

"Dengan kesigapan dan kerja keras, Polri berkomitmen untuk memberantas TPPO serta menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Dia pun mengimbau agar masyarakat untuk tidak mudah tergiur dan percaya dengan tawaran kerja dengan gaji tinggi di luar negeri.

"Pesan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, agar masyarakat dapat memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan penyalur tenaga kerja tersebut resmi," kata Ramadhan.sinpo

Komentar: