Protes Namanya Dicatut Dukung AMIN, Syafruddin: DMI Menolak Dilibatkan Politik Praktis

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 07 November 2023 | 14:14 WIB
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin. Isitmewa.
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin. Isitmewa.

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin memprotes sikap Din Syamsuddin yang mencatut namanya dalam daftar rombongan kunjungan ke Partai NasDem. Apalagi, namanya dicatut mendukung pasanfan capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Syafruddin menekankan DMI menolak keras dibawa-bawa ke pusaran politik. Dia menekankan DMI tidak boleh terlibat politik praktis.

"Kemarin saya sudah bilang ke Pak Din, saya tidak terlibat politik praktis, Dewan Masjid tidak boleh dibawa ke dalam politik, tapi nama saya tetap dimasukkan ke dalam daftar rombongan," kata Syafruddin dalam keterangannya, Jakarta, Selasa, 7 November 2023.

Mantan Kapolri itu menolak namanya masuk daftar rombongan karena kunjungan Din Syamsuddin ke NasDem merupakan bentuk dukungan terbuka kepada pasangan AMIN.

Ketua ASFA Foundation ini menegaskan dirinya tidak pernah hadir dalam pertemuan Din Syamsuddin dan NasDem. Termasuk, pada pertemuan-pertemuan yang bernuansa politis lainnya.

"Sekali lagi saya tekankan, Dewan Masjid tidak boleh terlibat politik, saya pun demikian menolak terlibat di politik praktis," kata dia.

Sebelumnya, Din Syamsuddin bersama sejumlah pimpinan ormas Islam bertemu Ketum Partai NasDem Surya Paloh dan elite NasDem di NasDem Tower.

Dalam daftar rombongan yang diterima, tertulis bahwa Din Syamsuddin mengajak 15 tokoh dan Syafruddin sempat dimasukkan ke daftar tersebut. Syafruddin diketahui tidak hadir di lokasi.

Syafruddin sendiri usai pensiun dari Polri tengah bergerak dalam bidang kemanusiaan dan pendidikan berskala nasional maupun internasional. Dia bersama ASFA Foundation dan Liga Muslim Dunia turut membahas perdamaian dunia, pendidikan, dan kemanusiaan.sinpo

Komentar: