BKSAP: Bergerak Berjamaah, Tolak Pembagian Masjid Al-Aqsa

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 01 November 2023 | 14:21 WIB
Masjid Al-Aqsa. (SinPo.id/Aqsa Working Group)
Masjid Al-Aqsa. (SinPo.id/Aqsa Working Group)

SinPo.id - Pembukaan Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023 yang digelar oleh Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI dalam kolaborasi yang diinisiasi Aqsa Working Group (AWG), mengusung tema ‘Bergerak Berjamaah Tolak Pemisahan Masjid Al-Aqsa’.

BSP 2023 merupakan tahun ketiga setelah diselenggarakan berturut-turut sejak 2021. Kegiatan BSP 2023 juga akan dilaksanakan secara serempak di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, kegiatan ini pun akan digelar di Gaza, Palestina.

Jika BSP tahun lalu membawa tema penolakan kehadiran Timnas Israel U-19 di Indonesia, maka pada BSP 2023 tahun ini akan fokus digaungkan penolakan RUU Israel yang akan membagi Masjid Al-Aqsa antara Muslim dan Yahudi. 

Pasalnya, RUU tersebut diusulkan oleh anggota partai Likud Amit Halevi, ke Parlemen Israel, Knesset. Padahal secara aturan yang berlaku, umat Islam adalah satu-satunya yang berhak atas masjid Al-Aqsa.

Adapun, alasan dipilihnya bulan November menjadi Bulan Solidaritas Palestina, yakni dikarenakan pada bulan ini terdapat empat peristiwa penting yang diperingati oleh rakyat Palestina dan dunia. 

Pertama yaitu Deklarasi Balfour 02 November 1917, kedua yaitu Kematian Yasser Arafat, 11 November 2004, ketiga deklarasi Palestina Merdeka, 15 November 1988 dan keempat yaitu Hari Solidaritas Palestina sedunia yang ditetapkan oleh PBB sejak 1979 setiap tanggal 29 November.

Di samping itu, BSP 2022 lalu juga mendapat respon baik dari masyarakat Palestina. Bahkan, Kementerian Pendidikan di Gaza mengeluarkan surat perintah kepada sekolah-sekolah untuk mengibarkan bendera merah putih, dan membawa poster bertuliskan ‘Terima Kasih Indonesia sambil memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya.sinpo

Komentar: