Jokowi Groundbreaking RS Swasta di IKN, Konsep 'Green Hospital'

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 01 November 2023 | 12:57 WIB
Presiden Jokowi groundbreaking rumah sakit milik swasta di IKN Nusantara. (SinPo.id/Setkab)
Presiden Jokowi groundbreaking rumah sakit milik swasta di IKN Nusantara. (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan rumah sakit Mayapada Hospital Nusantara. 

Proyek investor swasta ini merupakan rumah sakit kedua yang dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. 

"Kita akan melakukan groundbreaking untuk pembangunan rumah sakit, yaitu Mayapada Hospital Nusantara," kata Jokowi dalam sambutannya, dipantau Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 01 November 2023.

Jokowi mengatakan, rumah sakit ini akan mengusung konsep green hospital, dimana efisiensi dan konservasi energi akan menjadi hal utama yang dikedepankan.

Menurutnya, konsep ini akan mendukung rencana pembangunan IKN Nusantara yang mengusung konsep kota hijau atau forest city. 

"Mayapata Hospital Nusantara ini juga akan mengusung konsep efisiensi dan konservasi energi, urusan yang berkaitan dengan hijau, hijau, hijau, itu selalu akan kita dengungkan untuk Ibu kota kita Nusantara," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga menjelaskan, rumah sakit ini juga akan memiliki 20 persen total luasan lahan sebagai area hijau. Nantinya, area itu akan dilengkapi dengan healing garden alias kebun pemulihan untuk membantu percepatan kesembuhan pasien.

"Jadi kalau pasien sakit di sini lihat kanan hijau, kiri hijau, ke depan hijau, keluar ruangan hijau, jadi cepat sembuhnya," paparnya.

Jokowi berharap Mayapada Hospital Nusantara menjadi contoh rumah sakit yang ramah lingkungan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, mengefisienkan pemakaian energi.

"Saya yakin dengan pengalaman yang dimiliki Mayapada hospital dengan mitra-mitra internasionalnya akan mampu memberikan pelayanan yang profesional," tandasnya.sinpo

Komentar: