Jokowi Groundbreaking Bandara IKN, Ditargetkan Beroperasi 2024

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 01 November 2023 | 11:12 WIB
Presiden Jokowi groundbreaking Bandara IKN. (SinPo.id/BPMI Setpres)
Presiden Jokowi groundbreaking Bandara IKN. (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreking bandar udara atau bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Jokowi menargetkan, Bandara IKN sudah dapat beroperasi penuh pada Desember 2024. 

"Hari ini kita akan melakukan groundbreaking pembangunan bandar udara di Nusantara yang ditargetkan akan beroperasi penuh di bulan Desember 2024, tapi sudah bisa dipakai nanti di bulan Juni 2024," kata Jokowi dalam sambutannya, dipantau YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 1 November 2023.

Jokowi menyebut, kehadiran Bandara IKN ini sangat penting untuk mendukung mobilitas kegiatan di IKN. Selain itu juga untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan konektivitas di IKN Nusantara.

"Semakin banyaknya mobilitas orang, dan juga barang dari dan menuju ke IKN, dan bandara IKN ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintah di IKN dan mendukung konektivitas," ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu memaparkan, Bandara IKN memiliki luas 347 hektar dengan panjang lintasan 3000 kali 45 meter. Bandara IKN juga dipersiapkan agar dapat melayani pesawat berbadan lebar. 

Dengan begitu, kata Jokowi, hadirnya bandara akan membuat kawasan IKN Nusantara semakin terbuka dan mudah dijangkau dari manapun.

"Ini penting dan juga dilengkapi dengan Terminal seluas 7.350 meter persegi sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga meyakini, dengan adanya bandara ini dapat meningkatkan daya saing serta mendorong pengembangan dan pertumbuhan ekonomi di IKN.

"Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, competitivenes, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses," tandasnya.sinpo

Komentar: