Tahapan Pendaftaran Pilpres, Bawaslu: Kerja Semakin Berat, Tak Bisa Bermalas-malasan

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 25 Oktober 2023 | 00:39 WIB
foto: Humas Provinsi Bali
foto: Humas Provinsi Bali

SinPo.id -  Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda, meminta jajaran Bawaslu semangat dan meningkatkan konsentrasi selama melakukan pengawasan di tahapan  pendaftaran calon presiden dan wakil presiden. Pernyataan itu disampaikan saat Rapat Koordinasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di lingkungan Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten Kota Tahun 2023 Gelombang I di Bali, Sabtu 21 Oktober 2023. 

"Tantangan kerja kita semakin berat, konsentrasi kita harus semakin tinggi, dan kita tidak bisa lagi bermalas-malasan," ujarnya.

Dia mengingatkan seluruh jajaran untuk tidak berniat mendapatkan penghasilan di luar ketentuan atau di luar undang-undang yang berlaku. Dia pun mengingatkan jajaran mawas diri dan mencegah perbuatan yang bisa menimbulkan penyimpangan keuangan, yang akan membuat tidak nyaman dalam melakukan kinerja- kinerja pengawasan.

"Kita (Seluruh jajaran Bawaslu) harus mengendalikan nafsu kita untuk mengdapatkan tambahan penghasilan yang bukan haknya dan diluar ketentuan yang berlaku," kata dia.  

Selain itu, dia juga menjelaskan saat ini Bawaslu sedang menyusun skema pelatihan untuk para saksi. Ia juga berpesan kepada jajarannya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk memperhatikan penganggaran pembentukan pengawas di tingkat TPS.

“Untuk ke depan Pembentukan pengawas TPS, Kasek perhatikan penganggaran pengawas TPS. Termasuk kita sedang carikan skema untuk pelatihan saksi yang menjadi kewenangan Divisi Diklat Bawaslu RI,” kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi dan Diklat Bawaslu tersebut.sinpo

Komentar: