Keputusan KIM Pilih Gibran Jadi Cawapres Prabowo Dinilai Rasional

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 23 Oktober 2023 | 13:19 WIB
Potret kebersamaan Prabowo-Gibran (Sinpo.id/Tim Media)
Potret kebersamaan Prabowo-Gibran (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Langkah Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang memilih Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping calon presiden (capres) Prabowo Subianto dinilai keputusan rasional.

"Saya melihatnya, keputusan pilihan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang bersepakat memilih Gibran sebagai bacawapres itu berdasarkan pada rasionalitas dan kompromi-kompromi di antara Prabowo dan ketua partai politik," kata pengamat politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin saat dihubungi di Jakarta, Senin, 23 Oktober 2023.

Dari sisi kekuatan politik, kata Ujang, keputusan untuk memilih Gibran dalam Pilpres 2024 memang cukup kuat, mengingat Gibran juga tak terlepas dari sosok dan elektabilitas ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bagaimanapun Gibran itu yang dihitung adalah ayahnya, orang tuanya. Dalam konteks itu, simbiosis mutualisme antara Prabowo dan Jokowi, bersatu dengan menghadirkan Gibran sebagai bacawapres," ucapnya.

Sebelumnya, Prabowo mengumumkan Gibran putra sulung Presiden Jokowi sebagai bakal cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilpres 2024.

Prabowo menjelaskan keputusan itu secara aklamasi dan seluruh partai anggota KIM mencapai konsensus atas keputusan tersebut.

Saat mengumumkan itu, Prabowo didampingi oleh ketua umum partai anggota KIM. Di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Gelora Indonesia Anis Matta, dan Ketua Umum PRIMA Agus Jabo Priyono.

sinpo

Komentar: