DPR Soroti Pentinganya Hilirisasi Produk Mangrove untuk Perekonomian Indonesia

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 22 Oktober 2023 | 12:39 WIB
Endang Setyawati Thohari (Sinpo.id/DPR)
Endang Setyawati Thohari (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Anggota Komisi IV DPR RI, Endang Setyawati Thohari, menyampaikan pentingnya hilirisasi produk tanaman mangrove yang dinilai dapat meningkatkan perekonomian Indonesia karena menambah lapangan pekerjaan.

Bahkan produk mangrove juga dinilai dapat meningkatkan kecukupan gizi bagi masyarakat.

"Ternyata olahan mangrove itu bisa dijadikan kue-kue yang bergizi tinggi dan juga syrup," kata Endang, dikutip Minggu 22 Oktober 2023.

Ia bahkan menyambut baik keberadaan Kebun Raya Mangrove Surabaya, yang menurutnya dapat memberikan manfaat terhadap pelestarian lingkungan, konservasi dan kepentingan pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, sarana edukasi sekaligus rekreasi masyarakat.

"Nah ini ada segi mendidik kepada generasi muda dan khalayak ramai bahwa keanekaragaman hayati kita yang tertua di dunia ini bisa ditampilkan, di antaranya seperti mangrove," ungkapnya.

Oleh karena itu, Endang juga mendorong pemerintah untuk membuat replikasi keanekaragaman hayati di berbagai wilayah di Indonesia, karena dinilai dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat.

"Ini bagus karena bisa dimanfaatkan (hasilnya) untuk ekspor. Ekspor itu bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI