batik khas daerah

Festival MojoBatik 2023 didorong Jadi Event Nasional

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 08 Oktober 2023 | 12:21 WIB
Festival MojoBatik 2023 (SinPo.id/SinPo.id)
Festival MojoBatik 2023 (SinPo.id/SinPo.id)

SinPo.id -  Festival MojoBatik 2023 yang telah memasuki tahun ke-7 didorong menjadi event nasional. Festival itu menghadirkan ragam batik karya pelaku UMKM di kota Mojokerto yang dinilai mengagumkan dan mampu menebarkan semangat positif dari para pelaku ekonomi kreatif, khususnya industri batik di daerah setempat.

"Saya rasa sudah layak jadi event nasional melihat dari karya-karyanya dan tentunya membuka peluang agar kota Mojokerto menjadi pusat dari pada batik yang go internasional," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dikutip Minggu 8 Oktober 2023.

Sanidiaga berharap tahun depan Festival MojoBatik dapat diikutkan dalam kurasi Festival Karisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf, sebagai wadah dari berbagai event unggulan daerah. 

“Saya akan meminta ibu wali kota untuk mengirimkan batik terbaiknya untuk dikurasi oleh komite KEN 2024. Dan seandainya bisa lolos, ini akan mendapatkan tambahan insentif dan tambahan pendukung lainnya dari pemerintah,”  ujar Sandiaga menjelaskan.
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjelaskan batik-batik yang ditampilkan pada Festival MojoBatik ini merupakan batik yang telah melalui proses kurasi dan pendampingan dari Kemenparekraf.

“Itu dilakukan sejak Juli sampai dengan September 2023, selama tiga bulan tim dari Kemenparekraf memberikan pendampingan,” ujar Ika.sinpo

Komentar: