Viral Foto Firli Bahuri Ngobrol dengan Mentan SYL di GOR Bulutangkis

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 07 Oktober 2023 | 14:04 WIB
Foto viral Ketua KPK Firli Bahuri mengobrol dengan Mentan SYL (Sinpo.id/Twitter)
Foto viral Ketua KPK Firli Bahuri mengobrol dengan Mentan SYL (Sinpo.id/Twitter)

SinPo.id -  Sebuah foto viral di media sosial yang menunjukkan Ketua KPK Firli Bahuri tampak mengobrol dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di dalam sebuah GOR bulutangkis.

Foto tersebut viral di tengah isu pemerasan pimpinan KPK terhadap Mentan SYL mencuat ke publik.

Dalam foto tersebut, terlihat Firli mengenakan kaus dan celana pendek. Dia juga tampak memakai sepatu olahraga.

Sementara SYL duduk di sebelahnya mengenakan kemeja dan celana jins biru. Foto itu diduga diambil di sela Firli Bahuri bermain bulutangkis.

Adapun informasi yang beredar menyebut Firli Bahuri dan SYL disebut pernah bertemu pada Desember 2022. Pertemuan keduanya terjadi di sebuah lapangan bulutangkisdi kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat.

Isu pertemuan itu menjadi sorotan. Pasalnya, sejak pertengahan 2022, KPK tengah melakukan penyelidikan dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

Penyelidikan itu kemudian ditingkatkan ke penyidikan pada 2023. Surat perintah dimulainya penyidikan kasus korupsi di Kementerian Pertanian lalu terbit dan ditandatangani oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron pada 26 September 2023.

Sejauh ini redaksi Sinpo.id masih mencoba konfirmasi kepada Firli Bahuri dan Mentan SYL soal foto tersebut.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan tidak pernah ada pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK dalam pengusutan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Dia membantah ada penerimaan uang USD 1 miliar terkait kasus tersebut dari pihak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Saya kira nggak ada orang-orang menemui saya, apalagi ada isu sejumlah USD 1 miliar, saya pastikan nggak ada. Bawanya berat itu. Kedua, siapa yang mau kasih itu," kata Firli di gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 5 Oktober 2023.

Isu pemberian uang miliaran itu disebut diterima Firli Bahuri setelah bermain bulutangkis di daerah Mangga Besar, Jakarta Barat. Firli kemudian menyinggung hanya memiliki satu orang ajudan bernama Kevin hingga memiliki jadwal olahraga bermain bulutangkis tiap pekannya.

Dia mengatakan tidak pernah menerima uang yang diduga merupakan hasil pemerasan SYL di lapangan bulutangkis seperti isu yang beredar sejauh ini.

"Ajudan saya hanya satu orang, namanya Kevin, nggak ada yang lain. Mungkin rekan-rekan mengikuti untuk menjaga kesehatan dan kebugaran memang saya sering melaksanakan bulu tangkis setidaknya dua kali seminggu dan itu tempat terbuka," kata Firli.

Lebih jauh Firli mengatakan hanya berkomunikasi dengan SYL saat bertemu dalam rapat terbatas atau sidang kabinet.

"Di Kementerian Pertanian, saya kenalnya hanya menteri. Di saat rapat terbatas maupun sidang kabinet paripurna, saya selalu bicara pada menteri sebelum sidang, itu diambil fotonya," kata Firli.

"Saya pastikan kami tidak pernah melakukan hubungan dengan para pihak, meminta sesuatu, apalagi disebut pemerasan. Saya kira tidak ada tuduhan itu," tukasnya.

sinpo

Komentar: