Peringati HUT ke-77 Bea Cukai, Sri Mulyani Minta Kualitas Pelayanan Ditingkatkan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 04 Oktober 2023 | 17:04 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. (SinPo.id/Dok. Kemenkeu)
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. (SinPo.id/Dok. Kemenkeu)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, berharap peringatan HUT ke-77 Bea Cukai dapat menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. Pasalnya, pelayanan publik adalah wujud dan hadirnya negara di dalam kehidupan masyarakat dan perekonomian. 

"Ini adalah wajah dari negara di hadapan masyarakat secara riil. Bea cukai memiliki peran yang luar biasa dalam memberikan pelayanan publik,” kata Menkeu saat memberikan arahan pada Apel Khusus Peringatan Hari Bea Cukai yang Ke-77, Rabu 4 Oktober 2023. 

Ia menjelaskan, tantangan dan perubahan yang dihadapi Indonesia saat ini tidak mudah, mulai dari perubahan geopolitik dan kondisi ekonomi global yang akan berimbas kepada perekonomian Indonesia hingga transformasi ekonomi global. 

Oleh karena itu, Menkeu berharap seluruh jajaran Bea dan Cukai harus semakin menyadari dan memahami perubahan tersebut, agar dapat menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan, dengan menyusun strategi yang memiliki implikasi kepada tugas dan tanggung jawab kepabeanan dan cukai. 

“Tantangan meningkat, oportunitas juga meningkat. Saya berharap dalam konteks perubahan yang sangat dinamis ini, seluruh jajaran Bea Cukai memiliki kecerdasan untuk membaca perubahan dan kemudian menggunakan kecerdasan untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam mengawasi dan menjaga seluruh jajaran Bea Cukai,” paparnya. 

Lebih lanjut, Menkeu meminta agar seluruh jajaran Bea dan Cukai memiliki semangat baru untuk terus menjaga institusi. Karena pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh para jajaran merupakan cerminan wujud hadirnya Negara bagi rakyat Indonesia. 

“Jalankan tugas negara itu secara loyal, dedikatif, profesional, dengan integritas. Jalankan dengan sepenuh hati, jangan setengah hati. Jalankan dengan keikhlasan tinggi, karena itu adalah bentuk kita untuk menyampaikan bahwa kita memang bagian dari negara dan bangsa Indonesia," katanya.sinpo

Komentar: