Dapat 'Legislator Pro Pemilu Bersih & Pemberantasan Korupsi' KWP Award 2023, Masinton: Kita Semua Harap Demokrasi Berkualitas

Laporan: Martahan Sohuturon
Senin, 02 Oktober 2023 | 17:12 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu mendapatkan penghargaan sebagai legislator Pro Pemilu Bersih dan Pemberantasan Korupsi di ajang Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Award 2023. (SinPo.id)
Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu mendapatkan penghargaan sebagai legislator Pro Pemilu Bersih dan Pemberantasan Korupsi di ajang Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Award 2023. (SinPo.id)

SinPo.id - Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu mendapatkan penghargaan sebagai legislator Pro Pemilu Bersih dan Pemberantasan Korupsi di ajang Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) Award 2023. Pemberian penghargaan itu digelar di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin, 2 Oktober 2023.

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini menuturkan penghargaan ini semata-mata untuk menciptakan demokrasi di Indonesia yang berkualitas lewat Pemilu, baik bagi para anggota dewan maupun masyarakat.

“Ya tentu kita semua berharap, supaya kualitas demokrasi kita, melalui pemilu ini benar-benar berkualitas, bukan hanya terhadap para calon tapi juga pada masyarakat itu sendiri,” kata Masinton di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan.

Menurutnya, untuk menciptakan demokrasi yang berkualitas, maka seluruh elemen masyarakat harus memiliki peran bagi politik di Indonesia. Seperti, memberikan edukasi politik bagi masyarakat.

“Bagaimana melakukan sosialisasi dan edukasi politik kepada masyarakat melalui ajang sosialisasi kampanye pemilu ini melalui dengan pendekatan edukatif rasional dan tidak dengan pendekatan money politi, dan lain-lain,” tuturnya.

Sebelumnya, KWP kembali memberikan penghargaan kepada puluhan anggota dewan yang dinilai berdedikasi serta memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dalam acara KWP Award 2023.

KWP Award sendiri sudah dua kali digelar. KWP Award pertama digelar di masa kepemimpinan Ketua KWP Periode 2020-2022 Marlen Erickson Sitompul. Kemudian yang untuk yang kedua digelar di masa kepemimpinan Ketua KWP Periode 2022-2024 Ariawan.

Ketua KWP Ariawan menuturkan acara KWP Award ini sebagai bentuk apresiasi wartawan parlemen terhadap para anggota dewan dan juga sejumlah mitra wartawan seperti institusi Polri, Kementerian dan juga pengamat politik. 

"Tentu ini menjadi titik, di mana bahwa teman-teman wartawan, yang selalu meliput di DPR, kita ingin memberikan penialain secara objektif, bahwa kita melihat anggota anggota dewan para senator memang betul bekerja," kata Ariawan.

Adapun, KWP Award 2023 disponsori oleh sejumlah BUMN seperti Bank Mandiri, Hutama Karya, Pertamina Lubricants, PLN, Taspen, Inalum, BNI, MIND ID, BTN, ID Food, Angkasa Pura, BPJS Kesehatan, Angkasa Pura 2, Pupuk Indonesia, Pelindo, Petrokimia Gresik, BRI, Surveyor Indonesia dan Jasa Marga.sinpo

Komentar: