Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung 'Whoosh'

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 02 Oktober 2023 | 09:54 WIB
Suasana peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung (Sinpo.id/Setkab)
Suasana peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung (Sinpo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta Timur. Dengan begitu, kereta cepat resmi beroperasi secara umum.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan kereta cepat Jakarta-Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara. 

"Dengan kecepatan 350 kilometer per jam dan kereta cepat ini kita namakan Whoosh," kata Jokowi saat meresmikan KCJB di Stasiun Halim, Jakarta, Senin, 02 Oktober 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, penamaan Whoosh terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi. Whoosh juga merupakan singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat.

"Sekali lagi Whoosh. Bacanya Whoosh," ujarnya.

Peresmian tersebut dihadiri oleh sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju, diantaranya Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Meseskab Pramono Anung.

Kemudian Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menkominfo Budi Arie, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Ketua Wantimpres Wiranto, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah pejabat lainnya.
sinpo

Komentar: