Luhut di Mata JK: Kunci Inggris Milik Indonesia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 28 September 2023 | 21:52 WIB
Momen Presiden Jokowi bersama Luhut Binsar Pandjaitan dan Jusuf Kalla (SinPo.id/ Setkab)
Momen Presiden Jokowi bersama Luhut Binsar Pandjaitan dan Jusuf Kalla (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengibaratkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan seperti 'kunci Inggris'. Sebab, segala persoalan negara bisa diselesaikan oleh Luhut.

Ini disampaikan JK saat menghadiri perayaan ulang tahun Luhut yang ke-76 hari ini. JK bahkan tak sungkan menyebut Luhut sebagai kunci Inggris' milik Indonesia.

"Kita sependapat bahwa kalau ada kesulitan cuma ada satu kuncinya, panggil Luhut. Bapak ini seperti kunci Inggris bisa disetel ke mana-mana. Semua orang butuh kunci Inggris di rumah. Jadi bapak kunci Inggris lah di negeri ini," kata JK di Jakarta, Kamis, 28 September 2023.

JK menyampaikan jika tidak ada kunci Inggris maka harus banyak-banyak kunci lain untuk menyelesaikan persoalan. "Tapi konstitusi bilang kita harus melaksanakn sesuatu dengan hikmat dan kebijaksanaan," ujar dia.

Menurut dia, di negara ini hampir semuanya takut mengambil kebijakan. Berbeda dengan Luhut yang berani mengambil kebijakan mesti ditentang banyak pihak.

"Jadi kalau tidak ada Luhut bagaimana jalannya? Menhub juga pak Luhut sekarang ini. Jadi kemacetan Luhut yang atur, kemudian polusi, coba bayangkan, semua diurus beliau, termasuk Rempang itu pak. Tolonglah diurus," kata dia.sinpo

Komentar: