Usut Tewasnya Ajudan Kapolda Kaltara, Polri Kirim Tim Asistensi

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 28 September 2023 | 13:20 WIB
Irjen Pol Sandi Nugroho (Sinpo.id/Dok Humas Polri)
Irjen Pol Sandi Nugroho (Sinpo.id/Dok Humas Polri)

SinPo.id -  Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri mengirimkan tim asistensi dalam rangka pengusutan insiden tewasnya ajudan atau pengawal pribadi (Walpri) Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Daniel Aditya Jaya, yakni Brigadir Setyo Herlambang (SH). 

"Terkait dengan kasus yang di Kaltara bahwa kemarin, Selasa 26 September 2023, Bareskrim Polri telah memberangkatkan tim asistensi untuk mendukung proses penyelidikan dan penyidikan yang ada di Kaltara," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho dalam keterangannya dikutip Kamis, 28 September 2023.

Sandi berujar, tim asistensi itu akan membantu pihak Polda Kaltara dalam rangka mengungkap secara detail peristiwa yang menimpa Brigadir Setyo. Dia mengatakan, tim asistenei ini terdiri dari penyidik, tim laboratorium forensik (labfor), dan tim Inafis (Indonesia Automatic Fingerprint Identification System).

"Kita mengedepankan Scientific Crime Investigation sehingga pembuktian ilmiah tadi bisa menjadikan gambaran secara utuh peristiwa yang terjadi,” tuturnya. 

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengintruksikan jajarannya untuk mengusut tewasnya Brigadir Setyo Herlambang (SH) dengan mengedepankan investigasi kejahatan ilmiah (scientific crime investigation).

"Manfaatkan scientific crime investigation yang kita miliki, sehingga kemudian hasil-hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," ujar Sigit kepada wartawan, Minggu, 24 September 2023.

Sigit pun telah mengintruksikan kepada Bareskrim, Puslabfor, serta tim Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) untuk ikut terlibat dalam pengusutan kasus tersebut.

"Saya sudah perintahkan juga dari Bareskrim, Puslabfor, untuk mendukung, dokter-dokter forensik kami ikut mendukung. Sehingga kemudian hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan ke publik dan utamanya ke keluarga," tuturnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI