Zulhas: Berpartai Enggak Boleh Seram, Kayak Mau Perang Saja

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 22 September 2023 | 19:39 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (SinPo.id/ Ashar)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut partai politik (parpol) harus bisa beradaptasi dengan era. Bagi dia, berpartai tidak boleh seram layaknya berperang.

"Berpartai itu enggak boleh seram. Udah bukan zamannya, dikit-dikit pecat. Udah kayak mau perang, seram," kata Zulhas kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 22 September 2023.

Oleh karenanya, Zulhas menegaskan PAN merupakan partai yang menggembirakan. Dia menjamin PAN merupakan partai yang toleran dan moderat.

"PAN itu menggembirakan, menyenangkan, sangat toleran, moderat, gaul," kata Zulhas.

Menteri Perdagangan (Mendag) RI ini juga menyebut PAN merupakan partai yang mengusung kesetaraan. Hal ini dibuktikan dari Ketua Umum yang bersedia berdiskusi dengan rakyat di atas tikar.

"Enggak perlu nanti kalau mau ketemu berbondong-bondong, enggak usah. Bisa WA, datang kapan saja, (berkumpul) bersama-sama," kata Zulhas.

Di samping itu, Zulhas menegaskan PAN sangat terbuka, demokratis, dan egaliter. Ia menambahkan siapa pun bisa bergabung ke PAN dengan latar belakang apa pun.

"Tergantung kepada kompetensi dan prestasi. Orang nyaman," kata Zulhas.

Dalam kesempatan itu, Zulhas juga meluruskan banyaknya artis atau public figure yang bergabung ke PAN. Ia kembali menegaskan siapa pun bisa bergabung ke partai berlogo matahari tersebut.

"Mau artis silakan, mantan TNI/Polri, wartawan, banyak juga. Aktivis, ustaz, pastor, silakan," ucap dia.

"Kita tidak persoalkan background-nya masing-masing. Asal berbuat baik, punya prestasi dan komptensi, silakan," timpal Zulhas.sinpo

Komentar: