Pembangunan Kantor Presiden di IKN Sudah 38 persen

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 22 September 2023 | 14:46 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan di IKN (SinPo.id/Setkab)
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan di IKN (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut progres pembangunan kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur sudah mencapai 38 persen. Selain kantor presiden, pembangunan infrastruktur lain di IKN juga masih sesuai rencana.

"Semuanya masih sesuai dengan rencana, saya kira bangunan-bangunan seperti kantor presiden, istana presiden, kementerian, masih dalam target semua sesuai rencana semua," kata Jokowi, Jumat, 22 September 2023.

Jokowi juga menegaskan anggaran untuk pembangunan sejumlah infrastruktur dasar di IKN tidak mengalami kendala. "Khusus untuk istana, kementerian, untuk infrastruktur dasar tidak ada masalah," ujar Jokowi menambahkan.

Ia mengatakan, pemerintah akan terus mendorong pembangunan sejumlah infrastruktur dari sektor swasta dan dunia usaha di Tanah Air. Mulai pembangunan universitas, rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga tempat makan.

"Semuanya akan kita dorong sehingga muncul sebuah crowd yang tentu keramaian itu yang akan memberikan kehidupan pada kota Nusantara," kata Jokowi menjelaskan.

Tercatat presiden mengunjungi lokasi pembangunan kantor presiden di lokasi IKN. Jokowi berkesempatan memasang bilah garuda pertama yang akan menyelimuti gedung istana.

Dalam kunjungannya di IKN, Jokowi juga menanam pohon beringin di kawasan Istana Presiden IKN. Jokowi menyebut pohon yang ditanam itu memiliki makna keagungan. 

"Khusus untuk dua beringin kembar ini saya rasa memang ini simbol keagungan," katanya.

 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI