Presiden Jokowi Ground Breaking Training Center Sepakbola di IKN

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 22 September 2023 | 11:55 WIB
Presiden Jokowi ground breaking training center di IKN (SinPo.id/Setkab)
Presiden Jokowi ground breaking training center di IKN (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan pusat pelatihan tim nasional sepakbola Indonesia atau National Training Center di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Presiden training center ini diharapkan tidak hanya sebagai pusat pelatihan, namun juga inovasi pengembangan sepak bola Indonesia.

“Saya optimistis, (pusat pelatihan ini) akan mampu, membawa, menyaksikan Garuda kita, Timnas kita, tidak hanya juara di Asia Tenggara, tetapi akan segera mendunia,” kata Jokowi dalam keterangan dikutip, Jumat, 22 September 2023.

Pusat latihan sepakbola tersebut dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare terdiri dari delapan lapangan dengan sejumlah fasilitas pendukung. Pusat pelatihan ini akan dilengkapi dengan asrama.

“Dengan lingkungan yang tadi kita lihat di gambar sangat indah dan sangat cantik sehingga kita harapkan nanti yang training di sini betah," ujar Jokowi menjelaskan.

Pembangunan fasilitas olahraga itu didanai pemerintah dan FIFA. Tercatat pemerintah mengucurkan sebesar Rp95 miliar dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN). Sedangkan FIFA melalui 'FIFA Forward' menggelontorkan sebanyak Rp 85,6 miliar kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk proyek ini.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara," katanya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI