Tiga Hari Gelar Operasi Zebra, Polda Metro Sebut Pemotor Lawan Arus Menurun

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 21 September 2023 | 15:43 WIB
Ilustrasi tilang (SinPo.id/ NTMC Polri)
Ilustrasi tilang (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, pelanggaran pemotor lawan arah saat Operasi Zebra Jaya 2023 menurun.

“Alhamdulillah agak menurun (angka pelanggaran dalam tiga hari operasi). Mudah-mudahan ini bisa seterusnya bukan hanya saat Operasi Zebra dilakukan,” kata Latif dikutip dari laman NTMC Polri, Kamis, 21 September 2023.

Latif mengatakan pihak kepolisian bersiaga di titik pemotor lawan arah, termasuk di Jalan Raya Lenteng Agung. Selain itu, pihaknya melakukan sosialisasi secara masif terkait Operasi Zebra yang dilakukan.

“Kita melakukan sosialisasi terus, jadi tempat-tempat itu kita tidak menghadang. Mencegah itu paling banyak sehingga beberapa tempat seperti di Lenteng Agung kita tidak berada di tempat (pelanggaran) tapi berada di depan sehingga orang tidak melawan arus,” jelasnya.

Dari data sementara, pelanggaran terbanyak yang terjadi di lapangan berupa pemobil yang tidak menggunakan seat belt saat berkendara. Latif tidak merinci jumlah pasti pelanggaran seat belt tersebut. Namun, dari data yang ada, selama tiga hari pelaksanaan Operasi Zebra Jaya sejak 18 September lalu, sebanyak 360 pelanggaran ditilang menggunakan kamera e-TLE.

“Pada evaluasi hari ke-3 pelanggaran yang terkena (paling banyak), khususnya roda empat, adalah penggunaan seat belt. Untuk pelanggaran yang paling banyak yang tadi saya sampaikan, terkena e-TLE statis dan e-TLE mobile, 360 pelanggaran," jelasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI