Ini Kata PDIP Soal Kemungkinan Ganjar Jadi Cawapres Prabowo

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 21 September 2023 | 13:52 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (SinPo.id/Dok. Istimewa)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (SinPo.id/Dok. Istimewa)

SinPo.id - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyebut segala kemungkinan bisa terjadi dalam politik. Apalagi, dinamika politik tidak bisa ditebak selama masa pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) belum resmi ditutup.

Ini disampaikan Puan menanggapi adanya dorongan agar Ganjar Pranowo berduet dengan Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Ganjar diusulkan sebagai cawapres pendamping Prabowo.

"Ya, kita lihat lagi bagaimana dinamikanya selama satu bulan ini, apakah kemudian bisa terjadi atau tidak terjadi, kan semua partai punya kalkulasinya," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 21 September 2023.

Di sisi lain, Puan mengamini komunikasi PDIP dengan Partai Gerindra terus terjalin. Bahkan hubungan baik Puan dengan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco dari Gerindra dan Lodewijk F Paulus dari Golkar masih terjaga saat memimpin rapat paripurna RUU APBN.

"Tadi sebelah saya Pak Dasco, sebelahnya lagi Pak Lodewijk. Jadi komunikasi dengan semua partai tetap dilakukan, ini kan perwakilan dari Partai Golkar dan Pak Dasco Partai Gerindra. Jadi komunikasi informal selalu tetap dilakukan," kata dia.

Menurut Puan, tidak menutup kemungkinan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan bertemu dengan Prabowo. Puan mengatakan pihaknya juga sering bertemu dengan Prabowo.

"Bisa saja (Megawati bertemu Prabowo). Saya sering ketemu Mas Prabowo, kemarin ketemu di acara NU," ujarnya.

Pada kesempatan lain, Ganjar ikut merespons dorongan duet dirinya bersama Prabowo di Pilpres 2024. Ganjar mengatakan semua peluang bisa terjadi sebelum pendaftaran di KPU.

"Kalau politik itu, sebelum ditetapkan KPU, semua peluang bisa terjadi," kata Ganjar kemarin.

Sebelumnya, isu duet Ganjar dan Prabowo mencuat di publik. Salah satu yang mengusulkan duet tersebut adalah DPD Projo (Pro Jokowi) Bali.

"DPD Projo Bali mengusulkan Bapak Prabowo sebagai calon presiden dan Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024," kata Ketua DPD Projo Bali I Gusti Agung Ronny Indra Wijaya saat konferensi pers dalam acara "Konferda Projo".

BERITALAINNYA
BERITATERKINI